Rabu, 27 Maret 2013

Penyalahgunaan Internet

Contoh Penyalahgunaan Internet:



1. Pornografi

            Internet sangat identik dengan yang namanya pornografi. Dengan adanya kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Hal-hal seperti ini banyak terjadi di kalangan remaja.

2. Kecanduan

            Internet dapat membuat seseorang kecanduan. Terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Apalagi dikalangan para pelajar, itu dapat menyebabkan prestasi mereka turun karena malas untuk belajar. Akibat kecanduan internet.

3. Mengurangi sifat sosial

            Internet dapat mengurangi sifat sosial manusia, karena cendrung lebih suka berhubungan lewat internet daripada berhubungan secara langsung. Karena berhubunga lewat internet dianggap lebih praktis.

4. Carding (Pencurian nomor kartu kredit)

            Internet menyediakan fasilitas Teleshoping yaitu belanja melalui internet. Kita dapat melakukan transaksi perdagangan lewat internet dengan pembayaran melalui kartu kredit. Karena semakin banyaknya pengguna internet yang melakukan teleshoping lewat internet, maka hal itu menggugah orang-orang yang tidak bertanggungjawab, untuk melakukan penyadapan kartu kredit dan disalahgunakan untuk membobol kartu kredit milik orang lain.

5. Adanya Ancaman virus

            Ancaman virus merupakan jenis kejahatan komputer yang paling banyak dikenali dan ditemui di internet. Sejalan dengan berkembangnya internet, berbagai virus pun ikut berkembang.

6.      Violence and GoreKekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

7.      PerjudianDampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

Contoh Kasus Pelanggaran Internet

1.  Kasus 1:

Jeniffer Lopez menuntut domain name jenniferlopez.net dan jenniferlopez.org karena telah menyalahgunakan namanya untuk mengeruk keuntungan dari pendapatan iklan. Jeniffer Lopez mendaftarkan namanya di internet sebagai merek dagang pada Mei 1999 dan telah menjual lebih dari 48 juta album. Sementara seorang pria bernama Jeremiah Tieman mendaftarkan dua domain yang sama untuk mengelola situs penyedia informasi bagi para penggemar artis, sehingga menarik pengguna internet mengunjungi situs Jeniffer Lopez palsu dan menarik biaya dari setiap iklan yang masuk.

Modus Operandi : Offense against Intellectual Property

Kejahatan ini ditujukan terhadap hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki pihak lain di Internet. Sebagai contoh, peniruan tampilan pada web page suatu situs milik orang lain secara ilegal, penyiaran suatu informasi di Internet yang ternyata merupakan rahasia dagang orang lain, dan sebagainya.

2. Kasus 2:

Melakukan pembelian barang-barang mewah diluar negeri, dengan kartu kredit milik orang lain lintas negara.

Modus Operandi : Data Forgery

Merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scripless document melalui Internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen e-commerce dengan membuat seolah-olah terjadi "salah ketik" yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku karena korban akan memasukkan data pribadi dan nomor kartu kredit yang dapat saja disalah gunakan.

3. kasus 3:

Membobol nomor rekening nasabah suatu bank dan berhasil mengambil uang nasabah, sehingga uang nasabah berkurang tanpa pernah melakukan transaksi.

Modus Operandi : Infringements Of Privacy

Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap keterangan pribadi seseorang yang tersimpan pada formulir data pribadi yang tersimpan secara computerized, yang apabila diketahui oleh orang lain maka dapat merugikan korban secara materil maupun immateril, seperti nomor kartu kredit, nomor PIN ATM, cacat atau penyakit tersembunyi dan sebagainya.

4. Kasus 4: Kasus Penyebaran Virus Worm

Menurut perusahaan software antivirus, worm Randex menyebar dengan cara mendobrak sistem komputer yang tidak terproteksi dengan baik. Randex menyebar pada jaringan LAN (local area networks), dan mengeksploitasi komputer bersistem operasi Windows. Menurut perusahaan anti-virus, F-Secure, komputer yang rentan terhadap serangan worm ini adalah komputer-komputer yang menggunakan password yang mudah ditebak. Biasanya hacker jahat menggunakan daftar terprogram untuk melancarkan aksinya.

Begitu menginfeksi, worm akan merubah konfigurasi Windows sehingga worm ini langsung beraksi begitu Windows aktif. Worm ini juga menginstal backdoor pada komputer yang disusupinya. Dengan backdoor ini, pembuat worm berkesempatan mengendalikan komputer dari jarak jauh, menggunakan perintah-perintah yang dikirim melalui kanal di IRC (internet relay chat), ungkap penjelasan dari F-Secure.

Modus Operandi : Cyber Sabotage and Exortion

Kejahatan ini dilakukan dengan membuat gangguan, perusakan atau penghancuran terhadap suatu data, program komputer atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan Internet. Biasanya kejahatan ini dilakukan dengan menyusupkan suatu logic bomb, virus komputer ataupun suatu program tertentu, sehingga data, program komputer atau sistem jaringan komputer tidak dapat digunakan, tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau berjalan sebagaimana yang dikehendaki oleh pelaku.

5. Kasus 5:

Pada aplikasi facebook sering kali melihat tawaran untuk mengetahui "Siapa yang melihat profil Anda" dan para facebooker dengan rasa penasaran akan mengklik tautan yang disuguhkan. padahal sesungguhnya tautan tersebut adalah malware atau program jahat terbaru yang tengah beredar di facebook.  Saat mengkliknya para facebooker akan diarahkan ke suatu aplikasi yang memiliki akses ke profil.

Modus Operandi : Cyber Espionage

Merupakan kejahatan yang memanfaatkan jaringan Internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer (computer network system) pihak sasaran. Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap saingan bisnis yang dokumen ataupun data pentingnya (data base) tersimpan dalam suatu sistem yang computerized (tersambung dalam jaringan komputer).

Rabu, 20 Maret 2013

Etika Dalam Dunia Pekerjaan

Etika: berarti sebuah prilaku atau kebiasaan yang berlaku dimasyarakat.
Etika dalam bekerja: berarti prilaku menghormati pekerjaan, profesionalisme, kedisiplinan dalam pekerjaan, dan sikap baik dalam melakukan pekerjaan.

 Etika dalam profesionalisme, ada dua hal yang terkandung dalam etika kerja yaitu kepercayaan dan tanggung jawab. Kepercayaan diterjemahkan kepada bagaimana mengembalikan kejujuran dalam dunia kerja dan menolak stigma lama bahwa kepintaran bekerja diukur dari kelihaian memperdayasaingan. Sedangkan tanggung jawab diarahkan atas mutu output sehingga insan pekerja jangan puas hanya terhadap kualitas kerja yang asal-asalan.
Adapun beberapa praktik di dalam suatu pekerjaan yang dilandasi dengan etika dengan berinteraksi di dalam suatu perusahaan, misalnya: 

 1. menjaga kesopanan dalam :

-Bertindak
-Bersikap
-Berperilaku
-Tutur kata

2.  Inisiatif: 

ini termasuk kedalam aksi dalam memulai langkah awal, ini merupakan langkah penting dalam memulai pekerjaan, tanpa inisiatif, kita akan kehilangan kesempatan dan akan menjadi masalah serius dan akan memungkinkan kita kehilangan pekerjaan

3.  Sikap Profesionalisme dalam bekerja

-berkontribusi dalam pergaulan dunia kerja
-tidak mengancam/membahayakan keselamatan rekan kerja
-jujur dalam memegang kepercayaan
-adil dalam mengambil keputusan tanpa memihak.
-menghargai kekayaan hasil karya orang lain
-menghargai privasi orang lain
-menghargai pekerjaan orang lain

4.  Pahami Dasar Etika Pergaulan

-Bersikap sopan santun dan ramah
.
Jangan lupa sopan santun di tempat kerja kita.

-Perhatian terhadap orang lain
.
Perhatian terhadap orang lain buak berari kita tertarik kepadanya, tapi ini hanya rasa sayang terhadap rekan kerja kita.

-Mampu menjaga perasaan orang lain
.
Maksudnya kita jangan berkata kasar kepada rekan kerja kita agar tidak rasa saling membenci dan perpecahaan antara rekan kerja kita.

-Toleransi dan rasa ingin membantu
.
Ketika rekan kerja kita ada masalah dan kita bisa membantunya usahakan kita untuk menbantunya.

-Mampu mengendalikan emosi diri
.
Kita harus mampu mengendalikan emosi kita ketika rekan kerja kita berkata yang membuat kita marah, walaupun kita lagi keadaan tidak ingin diganggu(galau anak muda sekarang).


5. Etika Berpakaian

-Memakai pakaian dengan ukuran yang pas
.
Terkadang kita melupakan ukuran dalam berpakaian, terlalu besar kirang tetap, terlalu kecil kurang baik buat kesehatan kita, lebih baik kita berpakaian yang pas dan nyaman buat kita dan orang.

-Usahakan pakaian rapi dan tidak kedodoran
.
Usahakan kita berpakaian yang bersih, rapih dan tidak kusut, agar tidak kusut lebih baik kita menyetrika pakaian kita sebelum kita berangkat bekerja agar terlihat rapih.

-Usahakan model pakaian yang sopan
.
Berpakain kita harus menggunakan model yang sopan agar terlihat lebih rapih dan sesuai dengan pekerjaan kita.

-Pilih warna yang tidak menyolok
Warna pakain terkadang mempengaruhi, maka pilihlah warna yang membuat kita dan orang lain tenang, seperti warna biru, putih merah ( jangan terlalu menyolok mata).

-Pilih model pakaian yang tidak terlalu kuno
.
Jangan terlalu memilih model pakain yang terkesan kuno, kita harus menyesuaikan tempat.


6.      Etika Berbicara

-Bicara harus menatap lawan bicara
.
Pandangan mata kita harus fokus kepada orang yang kita ajak bicara, padanganlah lawan bicar kita agar lawan bicara kita merasa dihargai kita.

-Suara harus jelas terdengar
.
Kita berbicara dengan intonasi yang jelas agar lawan bicara kita tidak salah dalam mengartikan yang kita bicarakan.

-Menggunakan tata bahasa yang baik
.
Kita harus menggunakan bahasa yang lawan bahasa kita mengerti dan tidak salah paham dengan maksud dan tujuan kita.

-Jangan menggunakan nada suara yang tinggi
.
Terkadang nada suara kita mempengaruhi dengan maksud dan tujuan kita, misalnya kita berbicara dengan nada tinggi bisa diartikan dengan orang marah, lebih baik kita menggunakan nada yang bisa saja.

-Pembicaraan mudah dimengerti
.
Kita harus langsung pada maksud dan tujuan kita agar tidak membuang-buang waktu rekan kerja kita.

7.      Berbicara Simpatik

-Bisa mengimbangi lawan bicara
.
Ketika kita berbicara kita harus melihat lawan bicara kita dengan siapa kita bicara.

-Berkeinginan menyenangkan lawan bicara
.
Kita harus membuat rekan kerja kita senang berbicara dengan kita.

-Mampu menciptakan rasa humor
.
Kita harus sedikit membuat rekan kerja kita tertawa agar suasana jadi santai.

-Mau memuji lawan bicara
.
Kita juga harus memuji lawan bicara kita agar lawan bicara kita menjadi senang.

-Mampu menjadi pendengar yang baik
.
Kita harus bisa menjadi pendengar ketika rekan kerja kita bercerita pada kita.


8.      Yang Harus Dihindari Dalam Pembicaraan

-Membicarakan kejelekan orang lain
.
Ketia rekan kerjs kita bercerita sesuatu yang jelek pada kita, kita harus menghindari agar tidak bercerita tentang rekan kita mengalihkan pembicaraan atau menjauh darinya.

-Membicarakan hal yang sensitive
.
Kita harus menghindari pembicaraan yang membuat orang lain tersinggung (menggorek info tentang teman).

-Memotong pembicaraan orang lain
.
Kita tidak boleh memotong pembicaraan orang lain, biarkan orang lain berbicara sampai selesai, jika sudah selesai kita baru berbicara.

-Mendominasi pembicaraan
.
Kita tidak boleh mendominasi (mengunggulin) rekan kerja kita.

-Banyak membicarakan diri sendiri
.
Kita tidak boleh membicarakan diri sendiri atau pun orang lian.

9.      Hubungan Dengan Atasan (pimpinan kita)

-Hormat kepada setiap atasan
.
-Mintalah saran dan petunjuk agar dapat berkomunikasi dengan atasan
.
Mintalah petunjuk pada rekan kerja kita agar dapat berkomunikasi dengan atasan agar kita lebih mengetahui sifat atasan.

-Usahakan tidak membuat kecewa atasan
.
Jika kita diberi tugas oleh atasan kita tidak boleh membuat atasan kecewa pada kita
-Beri masukan dan saran secara bijak
.
Ketika kita dimintaai saran kita hatus memberikan saran secara baik.

-Jangan spontan menolak perintah atasan
.
Kita tidak boleh menolak yang diperintahkan pada atasan, kalau tidak bisa usahakan menggunakan kata “maaf salah tidak bisa”.


10. Tampilkan Rasa Percaya Diri

-Yakinlah dengan kemampuan diri sendiri

Dengan kita yakin pada kemampuan diri kita sendiri maka akan maka masalah yang ada pada pekerjaan kita akan dapat kita selesaikan dengan cepat.

-Usahakan mampu berkomunikasi dengan diri sendiri
-Yakinlah setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan
Dengan kita yakin akan kelebihan kita dengan yakin akan kelebihan kita maka kita tidak akan meminta bantuan orang lain secara terus menerus.
-Jauhkan rasa minder dan rendah diri
Kita tidak boleh minder akan kelebihan kita agar kita kuat dalam menghadapi ejekan dari orang lain yang akan membuat kita hancur.
-Bersikaplah biasa, tidak “over atau under confidence”
Maksudnya kita tidak boleh bersikap berlebihan seperti kita mengekspresikan keberhasilan kita.



11.      Jagalah Disiplin Diri

-Datang ke kantor sebelum jam masuk

Klo bisa kita datang 15 menit lebih awal dari waktu masuk yang di tetapkan oleh perusahaan kita.

-Meninggalkan kantor melebihi jam masuk


-Tidak meninggalkan pekerjaan tanpa ijin atasan
.
Ketika kita ada kepentingan mendadak kita harus ijin terlebih dahulu kepada atasan kita agar kita tidak di marahi oleh atasan(pimpinan kita.

-Jam kerja digunakan secara efektif.

Gunakan waktu kerja secara efektif, jangan waktu kerja digunakan untuk melamun, bercerita dengan rekan kerja.



12.      Etika Masuk Kantor

-Mengucapkan salam terlebih dahulu
.
Usahan kita mengucapkan salam pada rekan kerja kita ketika bertemu, agar terjalin tali silatuhrahmi dengan baik.

-Tunjukkan wajah ceria
.
Tunjukan wajah ceria ketika dalam ruangan, walaupun kita ada masalah, tapi kita tetap ceria di ruang kerja.

-Pandanglah semua orang yang ada di ruangan dengan senyum.

Padanglah semua orang dengan senyuman, karena senyum adalah tanda damai untuk seseorang.

-Tanyakan kabar baik pada teman di sebelah
.
Maksunya untuk sekedar salam dan sapa kepada rekan kerja kita agar di pandang baik oleh rekan kerja kita.

-Jika memungkinkan ucapkan salam pada atasan setiap pagi

Jika kita memungkinkah untuk salam kepada atasan setiap pagi sapalah dengan senyuman.